Implementasi Metode VCIRS Pada Sistem Pendiagnosa Penyakit Ayam Berbasis Web

Authors

  • Statiswaty Universitas Halu Oleo
  • Milawati Universitas Halu Oleo
  • Tajidun L.M Universitas Halu Oleo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem untuk mendiagnosa penyakit pada ayam menggunakan  metode Variable Centered Intelligent Rule System (VCIRS) dan akurasi diagnosis penyakit pada ayam dengan melihat variabel-variabel yang perlu dipertimbangkan dalam proses diagnosis penyakit pada ayam menggunakan VCIRS, dan bagaimana pengaruhnya terhadap ketepatan hasil diagnosa.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian pustaka, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adala pengumpulan data, analisis data, analisis nilai, analisis variabel, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Metode Variabel Centered Intelligent Rule System (VCIRS) menggunakan pendekatan sistem kecerdasan buatan untuk pengambilan keputusan, dan perhatiannya pada variabel yang relevan dengan masalah yang dihadapi dan aturan-aturan yang dibuat berdasarkan pada pengetahuan yang tersedia tentang variabel-variabel tersebut.

Simpulan penelitian ini adalah Metode Variable Centered Intelligent Rule System (VCIRS) dapat diterapkan untuk mendiagnosa penyakit pada ayam berbasis web dengan hasil yang menunjukkan bahwa dari perhitungan pada gejala yang dipilih oleh user setelah memilih inisialisai awal memiliki persentase tingkat keakuratan tertinggi 98,47% dan terendah 50,43% sebagai diagnosa awal penyakit-penyakit pada ayam. Sistem diagnosa penyakit pada ayam berhasil dibangun dengan platform website dan dapat membantu dalam diagnosa penyakit pada ayam

Downloads

Published

2024-05-28