THE MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-COVERING UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN

MBA MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-COVERING UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN

Authors

  • paditya septiansa universitas halu oleo
  • Bambang Pramono Universitas Halu Oleo
  • Natalis Ransi

Keywords:

Analisis Keranjang Belanja

Abstract

Seiring berkembangnya perdagangan dan persaingan global, ekonomi pasar bebas, dan  teknologi informasi, bagi toko alat tulis, perusahaan harus mampu menerapkan strategi bisnis yang baik untuk memenangkan persaingan dan mempertahankan pangsa pasar. Penggunaan teknik data mining dalam pengolahan data transaksi juga dapat membantu dalam menentukan strategi penjualan. Untuk pengolahan data, kami menggunakan metode fuzzy c-covering, yang  mengklasifikasikan elemen-elemen dari himpunan universal semua produk menjadi bagian-bagian yang lebih detail sesuai dengan jenis produk. Teknik data mining menggunakan metode fuzzy c-covering meliputi untuk mencari nilai dukungan dan keyakinan. Nilai dukungan digunakan untuk menunjukkan derajat dominasi suatu subjek terhadap seluruh rangkaian kejadian, dan nilai keyakinan digunakan untuk menentukan aturan mana yang merupakan aturan yang menarik, atau  antara dua subjek atau lebih menunjukkan suatu hubungan. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan max item threshold sebanyak 5, minimum confidence sebanyak 60% dengan minimum support_1 = 7%, minimum support_2 = 8%, minimum support_3 = 9% dan minimum support 4 - 6 sebesar 1% maka akan menghasilkan aturan asosiasi seperti jika konsumen membeli spidol maka akan membeli amplop dengan nilai support 8,8% dan confidence 74% sehingga kedua item tersebut dapat disimpan berdekatan.

Downloads

Published

2024-05-26