Penerapan String Matching Menggunakan Algoritma Boyer Moore untuk Mencari Data Pada Website UMKM di Konawe Selatan

Authors

  • Abdi Aman Bangsa Universitas Haluoleo
  • Isnawaty Universitas Haluoleo
  • Bambang Pramono Universitas Haluoleo
  • L.M.Bahtiar Aksara Universitas Halu Oleo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pencarian data produk pada website Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Konawe Selatan dengan menerapkan metode String Matching menggunakan algoritma Boyer-Moore. Peningkatan jumlah UMKM dan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk lokal menciptakan kebutuhan yang semakin mendesak untuk mempermudah akses informasi mengenai produk-produk tersebut melalui platform digital seperti website.

Metode String Matching adalah teknik yang digunakan untuk mencari kemiripan antara sebuah pola atau string dengan teks yang lebih besar. Algoritma Boyer-Moore dipilih karena keunggulannya dalam pencarian pola yang relatif cepat dan efisien, terutama pada teks yang panjang.

Hasil dari penelitian ini yaitu dengan menerapan algoritma Boyer Moore pada Aplikasi Pencarian Data Produk UMKM di Kabupaten Konawe Selatan memberikan hasil akurasi sebesar 100% dari 21 kali percobaan dengan rata rata waktu 23.5890 milisecond (ms) dalam menemukan jawaban. Sehingga dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efisiensi pencarian produk UMKM di Konawe Selatan.

 

Author Biographies

Abdi Aman Bangsa, Universitas Haluoleo

 

 

Isnawaty, Universitas Haluoleo

 

 

Bambang Pramono, Universitas Haluoleo

 

 

Downloads

Published

2024-05-26